• (021)23579915, 23579916, 0811-8600-608 (WA)
  • sales@sewakamera.com
  • (021)23579915, 23579916, 0811-8600-608 (WA)
  • sales@sewakamera.com

80D : make it easy.

 

 

« Kembali
well, canon akan mengeluarkan bocoran mengenai 80D. berikut reviewnya yang saya baca dari Dpreview.com dan saya terjemahkan semampu saya. semoga bermanfaat.

Canon  80D:  jadikan pengalaman foto anda lebih mudah

Terjemahan dari : Dpreview.com

 author : dan braglia

Canon 80D merupakan kamera yang ditunggu-tunggu oleh para fotografer yang antusias mencari kamera yang bisa memotret objek diam sekaligus berfungsi sebagai kamera video yang mumpuni. canon 80D memberikan anda  sensor sebesar 24MP APS-C dan layar monitor sentuh 3”, serta memberikan system 45 titik point af dan kemampuan merekam sebesar 1080/60P untuk video nya. Sama seperti pendahulunya kamera ini memiliki konstruksi kedap udara dan body kamera yang hampir sama.

Dan braglia , penulis artikel ini mengatakan bahwa ia baru saja selesai melakukan tes kepada sony A6300, sebuah kamera mirrorles yang juga menampilkan sensor 24MP APS-C dan harga beli yang hampir sama. Di atas kertas, Spesifikasi A6300 jauh melampaui 80D diberbagai macam kategori seperti video dengan resolusi 4K, 11 fps shooting dan yang paling menonjol adalah system titik fokusnya yang mengagumkan sebanyak 425 titik poin. Namun jangan salah sangka dan terjebak didalam hal-hal tersebut yang membuat anda berpikir bahwa A6300 merupakan kamera yang lebih baik.  Mungkin anda akan berpikir bahwa anda sedang memegang kamera yang keren dengan lapisan alumunium yang dipadupadankan dengan teknologi terkini, namun didalam hal pengoperasian dan menu-menu didalamnya harus dipelajari lebih dalam dan agak memerlukan waktu lama untuk memahaminya. Sebaliknya ketika anda memegang kamera canon 80D, anda seperti memegang kamera dengan pengalaman lebih dari 20 Tahun riset dan pengembangan, dalam arti kata canon 80D lebih mudah digunakan dan lebih intuitive daripada A6300.

                Dan tentu saja banyak juga kamera yang seperti 80D ini, sebagai contoh: Nikon D7200 , Pentax K-3 II yang terpikirkan oleh penulis, serta 7D Mark II- kamera APS-C paling top canon . dimana 7D mark II menampilkan keunggulan didalam “Intelligent Tracing dan Recogniton” yang tidak dimiliki oleh 80D. sementara 7D mark II harganya melambung melampaui 80D, ada hal yang menarik yang kami temukan di 80D yang menggunakan sensor terbaru sehingga bisa mendapatkan “ Dynamic Range” yang lebih baik daripada kamera canon sebelumnya, termasuk 7D mark II

 

Kamera Ergonomic

Canon 80D juga mudah dioperasikan hanya dengan satu tangan, pegangannya sangat sangatlah nyaman dan dengan berat 1,8 Lbs tidak akan membuat tangan anda cepat pegal. Memang ada beberapa hal yang membuat penulis frustasi seperti misalnya tombol AF yang terletak dekat dengan 2 tombol yang hampir sama ukurannnya dan hal itu menyulitkan penulis karena harus meraba dan terkadang memencet ketiga-tiga tombol tersebut. Penulis juga menemukan kesulitan ketika akan mengatur “exposure comp” yang dimana terdapat tombol kunci yang sensitive, ketika tersentuh sedikit saja akan mengunci tombol pengaturan exposure.

Dan kelemahan lainnya adalah ketika memulai tombol start atau stop untuk kamera video yang tidak se-sensitif yang seharusnya. Ada beberapa klip yang hilang ketika penulis menekan tombol start dan ketika tersadar ternyata tombol tersebut belum jalan dan tidak mengambil gambar yang akan dituju.

Secara keseluruhan kamera canon 80D ini didesain dengan bentuk ergonomic yang bagus, menu yang terorganisir dengan baik, penempatan tombol yang logic dan baterai kamera yang tahan lama ( seharian foto dan memfilmkan sekitar 700 shoot dan 35 video dengan rata2 30 detik per videonya hanya menghabiskan daya sebesar ¼ dari baterai) dan yang terpenting adalah WI-fi dan layar sentuh yang dimiliki oleh 80D ini. Well ditunggu kehadirannya di Indonesia , harga di website seperti amazon sekitar USD 1200 loh. Nabung2 dari sekarang deh guys.